Cara Optimasi Blog Dengan Google Page Speed dan Yahoo! YSlow

Oke di hari minggu yang cerah ini saya akan memposting tentang Cara Optimasi Blog Dengan Google Page Speed dan Yahoo! YSlow. Setelah saya keliling dunia melalui Google haha, akhirnya saya menemukan sesuatu yang mungkin akan sedikit banyaknya berguna bagi para blogger yang suka mengoptimasikan blognya. Seperti yang kita ketahui bahwa Optimasi blog bagian dari SEO
Cara yang akan kita gunakan kali ini dengan menggunakan tools atau alat bantu langsung dari Google sendiri dan juga Yahoo. Oke karena pembahasan agak panjang mari langsung saja kita mulai. Sebagai tambahan siapkan kopi agar tidak ngantuk haha.Step.By.Step!!!

Google Page Speed
Jujur saya sendiri lebih menyukai Tools ini karena lebih detail mengupas kekurangan dari blog kita dan juga memberikan saran apa yang harus kita lakukan. Selain itu Tools ini juga langsung dari Google yang mempunyai Blogger. Tools ini juga memberi nilai pada blog kita. Nilai terbaik adalah 100. Tapi akan sangat sulit mendapat nilai 100, jadi jangan memaksakan karena takutnya nanti malah merusak tampilan blog. Nilai 80-90 itu sudah sangat cukup dan 100 sempurna.
Preview my Page Speed

Pertanyaannya adalah bagaimana cara memperbaiki kesalahannya? cukup mudah. Anda tinggal mengklik bagian yang di anggap error. Contohnya "Remove unused CSS" yang berarti kita di sarankan untuk menghapus CSS yang tidak di perlukan. Cukup klik linknya maka anda akan di perlihat saran CSS yang harus di hapuskan. Bagi yang tertarik silahkan Download Plug-in nya Google Page Speed

Yahoo! YSlow
Tools kali ini dari Yahoo yang tidak kalah keren dari Google. Karena Ke dua tools langusng dari Search Engine yang sangat ternama tentu sudah tidak di ragukan lagi keampuhannya. Cara kerja Yahoo! YSlow hampir sama dengan Google Page Speed. Jadi saya rasa saya tidak perlu menjelaskan secara detail untuk Tools ini. Perbedaan yang paling mencolok antara kedua Tools ini adalah, Yahoo! YSlow memberikan nilai menggunakan huruf dari A-F dimana A adalah yang terbaik. Seperti yang saya jelaskan di atas bahwa tidak mudah mendapatkan nilai sempurna A, jadi cukup dengan B/C.
Preview my YSlow
 Langsung saja untuk download Plug-in nya Yahoo! YSlow

Cara Penggunaan :
Untuk menggunakan Tools di atas di butuh Tools Firebug untuk Firefox. Lalu silahkan download kedua Tools yang saya berikan tadi. Jika sudah, pada halaman blog anda di browser klik Tools > Firebug > Open Firebug atau langsung klik F12. Setelah itu silahkan lakukan analisis dengan Google Page/YSlow. Biasanya setiap halaman memiliki nilai berbeda. Dan jika ingin memperbaiki kode yang salah saya sarankan BackUp Templates anda untuk mencegah hancurnya blog anda.

Sekian dari saya, wassalam

6 komentar:

Jana Virananda, 14 November 2010 at 06:44 | [Reply]

Pertamaa :)

kisah abu nawas, 14 November 2010 at 08:15 | [Reply]

aku coba pasang pluginnya dulu

Anonymous, 15 January 2011 at 06:48 | [Reply]

thanks gan..langsung saya unduh toolx

Ahmad Maryuki, 23 March 2011 at 03:56 | [Reply]

mantap gan...copas gan. linknya ntar aku pajang dibwahnya!makasih

Anonymous, 15 July 2012 at 21:03 | [Reply]

makasih banyak sob ud share.baru tahu saya.thanks :)

Andre Panggabean, 1 August 2012 at 17:46 | [Reply]

makasih bnyak sob ud share,nambah wawasan saya untuk optimasi blog. :)

Post a Comment

Kotak Komentar Klasik Klik Di sini

« Prev Next » Home